Santap Kuliner Khas Surabaya

Santap Kuliner Khas Surabaya

Kuliner khas Surabaya sarat akan budaya. Anda yang berniat untuk mengunjungi kota yang satu ini akan disuguhkan dengan berbagai kuliner mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Kuliner pertama yang dapat Anda coba adalah Rujak Cingur. Rujak Cingur adalah makanan khas Surabaya dengan bahan utama hidung kerbau (cingur) yang dicampur dengan bumbu rujak seperti petis dan kacang. Rujak dilengkapi juga dengan aneka sayuran, buah-buahan serta lontong. Ada pula aneka macam soto seperti Soto Ambengan dan Soto Lamongan, aneka olahan tahu seperti Tahu Tek dan Tahu Campur.

Kuliner khas Surabaya yang selanjutnya adalah Rawon Setan. Rawon Setan merupakan nasi dicampur dengan kuah seperti soto kecap dibubuhi dengan irisan daging sapi, kecambah, serta sayuran seperti sawi. Disebut dengan Rawon Setan karena pedasnya membuat lidah terbakar seperti kerasukan setan. Selain itu, ada lagi Sate Klopo dan Sate Lisidu. Sate Klopo merupakan sate yang sebelum proses pembakarannya dibubuhi terlebih dahulu dengan parutan kelapa. Sate Klopo selain berisi daging ayam, tetapi juga berisi lemak dan jeroan. Sementara itu, Sate Lisidu mempunyai keunikan yaitu daging yang ditusuk bukan berbentuk kotak-kotak seperti pada umumnya, tetapi berbentuk pipih memanjang. Sate Lisidu juga dibakar dari bagian atas sehingga tidak menimbulkan bekas alat bakaran pada satenya.

Kuliner khas Surabaya lainnya misalnya saja bebek goreng, kepiting rebus, Sego Sambel, nasi goreng jancuk, lontong kupang dan lontong balapan. Semua kuliner tersebut dijual di berbagai kedai dengan nama-nama yang khas. Terakhir, kuliner yang bisa Anda dapatkan di Surabaya adalah Mie Akhirat dan Pecel Semanggi. Disebut dengan mie akhirat karena terdapat dua jenis mie yang ada pada satu piring yakni mie hitam dan mie putih, ini melambangkan seperti surga dan neraka. Sementara itu, Pecel Semanggi merupakan makanan khas Surabaya yang terbuat dari tanaman Semanggi atau daun Semanggi, yakni dedaunan seperti daun singkong, daun pepaya, dan jenis sayuran lalapan lainnya yang dibubui dengan bumbu pecel.

Share This Post

Post Comment